Do’s & Dont’s Untuk Si Pemilik Rambut Tipis

Memiliki rambut tipis tidak selalu buruk lho. Rambut tipis wanita memang kerap membuat rasa percaya diri jadi berkurang. Namun, sebenarnya cara merawat rambut tipis relatif lebih mudah daripada rambut tebal dan tidak membutuhkan banyak produk perawatan.

Apakah kamu termasuk orang yang berambut tipis?

Rambut tipis akibat stres, perubahan hormon, kekurangan nutrisi, dan alopecia areata (penyakit sistem kekebalan tubuh yang menyerang folikel rambut) memang harus lekas diatasi agar rambut kembali tebal. Di sisi lain, rambut tipis wanita juga bisa disebabkan faktor genetik sehingga kondisinya tidak dapat diubah. Kalau kamu memiliki rambut tipis karena pengaruh faktor genetik, maka kamu hanya perlu memperhatikan do’s and don’ts berikut ini ketika merawat rambut:

Do’s Pemilik Rambut Tipis :
1. Menggunakan Shampoo yang Fokus Mencegah Kerontokan
Memilih shampoo untuk rambut tipis tak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena cara merawat rambut tipis harus dimulai dari shampoo yang tepat. Kamu harus memilih shampoo yang dapat memenuhi nutrisi untuk kulit kepala serta yang mengurangi kerontokan. Jika kulit kepala mendapatkan nutrisi secara maksimal, maka rambutmu akan tampak lebih bervolume, sehat, dan tidak mudah rontok.

Kini, kamu tak perlu bingung memilih shampoo lagi setelah mengenal rangkaian produk Mylea Ginseng Series. Mylea Ginseng Hair Shampoo merupakan shampoo dengan formula khusus Silicon Free yang memgandung ekstrak Ginseng. Silicon Free membersihkan rambut tanpa meninggalkan penumpukan pada rambut, maka nutrisi ekstrak Ginseng dapat memberikan perawatan dengan mempertahankan kekuatan akar rambut

2. Menggunakan Masker Rambut Secara Teratur
Selain menggunakan shampoo yang tepat, kamu juga harus menggunakan masker rambut secara teratur untuk merawat rambut tipis. Penggunaan masker rambut dapat membantu memenuhi nutrisi rambut sehingga selalu sehat dan indah.

Mylea Ginseng Daily Instant Mask diformulasikan khusus Silicon Free dan mengandung ekstrak Ginseng yang kaya akan nutrisi yang dapat memperkuat akar Instant Mask yang dapat cepat bekerja menyerap ke dalam batang rambut untuk merawat dan memberikan nutrisi serta menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut

3. Model Rambut Berponi Membuat Rambut Terlihat Lebih Bervolume
Kondisi rambut tipis wanita yang sering mengurangi rasa percaya diri sebenarnya tak akan terjadi jika kamu bisa memilih model rambut yang tepat. Kamu tak perlu ragu memilih model rambut berponi karena dapat membuat rambut terlihat bervolume. Jenis-jenis poni yang cocok diaplikasikan pada rambut tipis antara lain blunt bangs, rounded bangs,choppy bangs, dan see through bangs ala Korea.

4. Gunakan Sisir Bulat Berbahan Kayu atau Keramik untuk Menambah Volume
Sisir bulat (round brush) adalah jenis sisir terbaik untuk merawat rambut tipis.

5. Memotong Rambut Secara Teratur
Rambut tipis yang sudah panjang akan terlihat semakin tipis karena helai rambutnya semakin berat. Itulah sebabnya rambut tipis wanita harus dipotong secara teratur agar bentuknya tampak lebih tebal dan rapi. Alangkah lebih baik jika kamu meluangkan waktu memotong rambut setiap enam hingga delapan minggu sekali agar rambutmu terlihat lebih indah.

6. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Protein dan Zat Besi
Asupan protein dan zat besi ternyata sangat penting untuk mendukung kesehatan rambut.

Dont’s Pemilik Rambut Tipis :

1. Sering Menggunakan Alat-Alat Styling Bertemperatur Panas
Rambut tipis pun rentan menjadi semakin tipis dan mengalami sejumlah masalah kesehatan lainnya jika sering terkena alat styling bertemperatur panas.

2. Menggunakan Conditioner Hingga ke Kulit Kepala
Bila conditioner mengenai kulit kepala, rambut yang tipis akan tampak semakin lepek dan kurang menarik. Lebih parahnya lagi, sisa conditioner di kulit kepala yang tidak dibilas hingga bersih rentan menimbulkan ketombe dan membuat rambut gampang rontok.

3. Membiarkan Rambut Terkena Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama
Rambut tipis yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama akan terlihat lepek, kusam, dan tidak menarik. Bahkan, penipisan rambut bisa semakin parah jika rambut mengalami kerontokan dan tidak ditangani secara intensif. Ketika kamu beraktivitas di luar ruangan saat cuaca terik, sebaiknya lindungi rambut dengan topi, hoodie, atau payung agar tidak langsung terkena sinar matahari.

4. Mencuci Rambut Secara Berlebihan
Mencuci rambut secara berlebihan ternyata berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Kebiasaan tersebut membuat rambut jadi lebih rapuh, semakin tipis, dan kehilangan kilau alami. Alangkah lebih baik bila kamu mencuci rambut setiap dua hingga tiga hari sekali. Minyak alami yang diproduksi kulit kepala dapat membantu melindungi rambut agar selalu sehat, indah, dan terhindar dari kerontokan.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Mengikat rambut dengan kencang memang membuat rambut tertata rapi sepanjang hari. Sayangnya, kebiasaan ini sangat tidak baik karena rentan merusak batang serta folikel rambut. Kalau kamu melakukannya setiap hari, kemungkinan besar rambutmu yang tipis akan mengalami rontok parah. Mulai sekarang, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang.

Setelah mengetahui cara merawat rambut tipis yang benar, niscaya kamu tak akan mengalami masalah lagi dengan kesehatan rambutmu. Kondisi rambut tipis karena faktor genetik memang tak bisa diubah. Namun, kamu bisa merawatnya secara telaten supaya rambutmu senantiasa sehat dan indah sehingga kamu makin percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.